Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media yang dapat membantu pembelajaran geometri di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode research and developmet (R&D) dengan metode pengembangan Luther-Sutopo yang dimulai dengan riset awal tentang kebutuhan siswa, melakukan design aplikasi, menggumpulkan material penyusun game edukasi, memulai produksi game edukasi, uji coba aplikasi, dan pendistribusian aplikasi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas XII-MIA-2 di SMAN 2 Rangkasbitung. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil uji validasi ahli media masuk dalam kategori “layak” dengan nilai 80%. Hasil uji validasi dari ahli materi masuk dalam kategori “layak” dengan nilai 76%. Berdasarkan hasil uji validasi oleh guru matematika menunjukan bahwa uji validasi menghasilkan nilai 92% dengan kategori “sangat layak” dan 83% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi “Inditgo-Math” layak untuk digunakan dan didistribusikan
Copyrights © 2024