Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 1 Ciomas pada materi aritmetika sosial ditinjau dari gaya kognitif. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 1 Ciomas dengan subjek yaitu 20 siswa SMP Negeri 1 Ciomas VII semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa yang mewakili setiap kategori gaya kognitif siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan cara memberikan instrumen tes berupa soal uraian, instrumen tes Group Embedded Figures Test (GEFT), dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, siswa dengan gaya kognitif field independent maupun siswa dengan gaya kognitif field dependent sama-sama belum mampu melewati 4 tahapan Polya, yaitu tahap memahami masalah, tahap menyusun rencana, tahap melaksanakan rencana, dan juga tahap memeriksa kembali. Namun yang membedakan yaitu, siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki pemahaman yang lebih dalam, karena mereka hanya kurang teliti dalam menyelesaikan soal. sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent kurang memahami konsep, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis mereka kurang
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024