Penelitian ini menyoroti rendahnya pemahaman dalam pengolahan data di kelas 12 jurusan PPLG SMKN 1 Kota Bengkulu, yang menjadi hambatan dalam pengembangan perangkat lunak dan gim. Dengan tujuan meningkatkan keseimbangan dalam pengembangan tersebut, penelitian dilakukan melalui pengenalan statistika menggunakan program R. Metode Penelitian Tindakan Kelas diterapkan dalam satu hari pada 12 September 2023, dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Hasil menunjukkan bahwa 97,1% siswa menganggap program R mudah dimengerti, 100% merasa mudah digunakan untuk perhitungan statistik, 94,3% menyatakan output mudah dipahami, dan 100% siswa mampu memahami materi. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif, dengan uji t berpasangan menunjukkan peningkatan yang signifikan (). Dengan demikian, Upaya Pemanfaatan Teknologi (Program R) dalam Pengenalan Statistika di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu memberikan manfaat dan peningkatan pengetahuan pada taraf signifikansi 0,05.
Copyrights © 2024