Business and Enterpreneurship Journal (BEJ)
Vol 5, No 1 (2024)

REPUTASI PERUSAHAAN MANUFKATUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI (BEI)

Nurhikmat, Mira (Unknown)
Anggriawan, Muhammad Angga (Unknown)
Adha, Suhroji (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Nilai peusahaan dicerminkan oleh harga saham yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya profitabilitas dan leverage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah profitabilitas dan leverage mamiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2019-2021. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling sehingga didapat 26 perusahaan. Penelitian menggunakan jenis data sekunder dengan metode analisis regresi berganda pada program SPSS 25. Hasil pengujian variabel profitabilitas menunjukan nilai thitung sebesar 6,426 dari ttabel 1,992 dengan nilai signifikansi 0,00 0,05. Pada variabel leverage nilai thitung 1,348 dari ttabel 1,992 dengan taraf signifikansi 0,1820,05. Hasil pengujian secara simultan menunjukan nilai fhitung 23,429 ftabel 3.12 dengan nilai signifikansi 0,000,05. Simpulan yang dapat diambil yaitu variabel profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian secara simultan menunjukan profitabilitas dan leverage berpengauh terhadap nilai perusahaan. Kata kunci : Nilai Perusahaan, profitabilitas, leverag

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope Focus dan Scope Jurnal : Finance Management (Manajemen Keuangan) Operation Management (Manajemen Operasi) Human Resource and Knowledge Management (Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pengetahuan) Marketing Management (Manajemen Pemasaran) Strategic Management (Manajemen Strategis) ...