Dalam melakukan investasi, tentunya para investor mengharapkan return atau keuntungan yang besar. Tetapi, tak jarang dari generasi milenial memiliki kepribadian yang terlalu percaya dengan dirinya sendiri secara berlebih atau overconfidence dan juga memiliki perilaku mengikuti orang lain atau bisa disebut herding bias. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh overconfidence dan herding bias terhadap keputusan investasi pasar modal dalam perspektif bisnis islam.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis SPSS25. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung, dan sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial dikota bandar lampung dengan rentan usia 23-40 tahun dengan jumlah 96 responden.Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada di kota bandar lampung. Dengan nilai sig 0,05. Hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa overconfidence dan herding bias secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi pasar modal pada generasi milenial dikota bandar lampung dengan Thitung Ttabel.
Copyrights © 2024