Perbankan syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan hingga tahun 2022, dengan jumlah lembaga mencapai 198 lembaga, antara lain bank umum syariah, unit usaha syariah, dan bank pembiayaan rakyat syariah. Bank Syariah Indonesia sebagai pionir perkembangan bank syariah modern telah menghadirkan produk unggulan seperti Tabungan Wadiah Mudah yang digemari masyarakat. Agar tetap kompetitif, Bank Syariah Indonesia terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan fokus pada kepercayaan masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, motivasi, dan religiusitas terhadap keputusan pelanggan secara langsung dan tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi nasabah Tabungan Easy Wadiah di Kota Malang. Sampel minimal 50 responden ditentukan dengan menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, religiusitas, dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan. Kepercayaan juga memediasi hubungan antara pengetahuan dan motivasi dan keputusan pelanggan. Metode analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan aplikasi SmartPLS 4.1.0.0.
Copyrights © 2024