Ensiklopedia Research and Community Service Review
Vol 3, No 1 (2023): Vol. 3 No. 1 Oktober 2023

ANALISIS SERVQUAL JASA TRANSPORTASI BUS MENGGUNAKAN METODE CZIPA (Studi Kasus: Family Ceria Group Kabupaten Pasaman)

Mulyadi, Randi (Unknown)
Ishak, Ishak (Unknown)
Kurniawan, Deddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

PT Family Ceria Group adalah perusahaan transportasi di Sumatera Barat. Adanya persaingan dengan PT. Duta Pasaman Ekspres dalam melayani rute dari Lubuk Sikaping ke Bukittinggi. PT Duta Pasaman Ekspres memiliki waktu perjalanan lebih cepat dan layanan yang lebih baik daripada PT Family Ceria Group. Untuk meningkatkan kualitas layanan, dilakukan benchmarking terhadap pesaingnya dan mengukur kepuasan pelanggan berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL. Penyusunan kuesioner, penyebaran kuesioner, metode pengambilan sampel, penyusunan hasil kuesioner, uji validitas dan reliabilitas, menggunakan Metode Competitive Zone Of Tolerance Based Importance-Performance Analysis (CZIPA). PT. Duta Pasaman Ekspres sebagai kompetitor mengungguli jasa transportasi PT. Family Ceria Group dilihat dari nilai CZSQ dan nilai d yang positif. Atribut dalam kuadran I pada matrix CZIPA dengan nilai CZSQ dan nilai d pada matrix CZIPA masing-masing pada dimensi assurance/jaminan -2.00 dan 2.55, dimensi tangibles/bukti fisik -1.09 dan 1.56, dan dimensi reliability/keandalan -0.89 dan 1.57. Indikator SERVQUAL menjadi prioritas perbaikan (assurance), jumlah kursi yang memadai bagi setiap penumpang (tangibles) dan ketepatan jadwal waktu keberangkatan dan waktu sampai di terminal (reliability). Memastikan bahwa sopir bus telah mengikuti pelatihan secara profesional, memeriksa secara berkala bus yang dioperasikan, menambah jumlah armada bus, membatasi penumpang sesuai dengan kapasitas, manajemen operasional perusahaan dapat memaksimalkan pemakaian teknologi seperti GPS tracking system.Kata Kunci: Transportasi, SERVQUAL, CZIPA dan Benchmarking.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

erw

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Ensiklopedia Research and Community Service Review adalah merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah serta Pegabdian kepada Masyarakat yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia yang terbit 3 (tiga) kali dalam setahun yakni di bulan Oktober, Februari dan ...