Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2023): September

Inovasi Model Student Facilitator and Explainning (SFAE) berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kompetensi IPA

Putri, Ni Luh Kade Riska Pratami (Unknown)
Ganing, Ni Nyoman (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) seharusnya tidak hanya berfokus pada penguasaan konsep, tetapi juga menekankan pada proses penemuan yang melibatkan siswa secara aktif. Namun, dalam praktiknya, kompetensi pengetahuan IPA siswa masih tergolong rendah, terutama dalam kemampuan memahami dan menghubungkan konsep secara bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap peningkatan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 492 siswa, dengan sampel yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling, yaitu 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 26 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 butir soal yang telah divalidasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial melalui uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung (2,065) lebih besar dari ttabel (2,006) pada taraf signifikansi 5% (dk = 52), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model SFAE berbantuan mind mapping berkontribusi secara signifikan dalam membangun kompetensi pengetahuan IPA siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran interaktif dan visual dapat memperkuat proses kognitif siswa dalam memahami materi IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...