Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2024): May

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbantuan PowerPoint terhadap Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Anak Agung Istri Sasmita Putri (Unknown)
Ni Nyoman Ganing (Unknown)
Ida Bagus Gede Surya Abadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Permasalahan yang ditemui di sekolah yakni pembelajaran Pendidikan Pancasila yang masih bersifat monoton dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, sehingga pengamalan Pendidikan Pancasila masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan pancasila kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 277 seluruh siswa. Seluruh populasi disetarakan melaui Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 21 orang dan kelompok kontrol dengan jumlah siswa 24 orang. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah divalidasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media PowerPoint berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Pendidikan Pancasila siswa kelas V Sekolah Dasar. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, efektif, dan memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar siswa saat menggunakan pendekatan contextual teaching learning (CTL) berbantuan media PowerPoint.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...