Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan saat pembelajaran karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis efektivitas dari media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan yang digunakan ialah observasi, wawancara, angket/kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah dekriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, serta analisis statistik inferensial (uji-t). Subjek penelitian ini yakni siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Media yang telah diujikan mendapatkan kualifikasi sangat layak pada aspek media, desain dan materi pembelajaran. Hasil uji efektivitas dengan tes pilihan ganda dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis demonstrasi efektif digunakan pada materi perubahan wujud benda muatan bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan media video pembelajaran dapat digunakan dan diterapkan pada pembelajaran untuk mendukung peningkatan kompetensi belajar siswa.
Copyrights © 2024