Pada pembelajaraan IPAS, guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, guru hanya menggunakan media visual berupa gambar sehingga peserta didik merasa bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran dan mengakibatkan pembelajaran tidak berjalan secara optimal. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas media pembelajaran E-modul berbasis pendekatan etnosains khususnya pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV SD. Subjek penelitian pengembangan E-modul berbasis pendekatan etnosains ini melibatkan 28 siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa produk E-modul berbasis pendekatan etnosains dengan kualifikasi produk sangat baik serta efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat. Berdasarkan hasil uji efektivitas didapatkan hasil bahwa E-modul berbasis pendekatan etnosains layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media ini diharapkan mampu menjadi alat dalam membantu guru dan siswa dalam menerapkan pembelajaran yang bermakna dan mengintegrasikan teknologi.
Copyrights © 2024