Minimnya penggunaan media pembelajaran IPA mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan untuk mengahasilkan media accordion book berorientasi cerita petualang dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi Wujud Zat dan Perubahannya yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektivitasannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan metode observasi, wawancara, dan test Instrumen dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini adalah media accordion book berorientasi cerita petualang dan subjek uji coba, yaitu 28 siswa kelas IV SD. Hasil dari penelitian ini (1) media accordion book dalam bentuk cetak yang memuat konten wujud zat dan perubahannya (2) hasil uji isi media dan isi materi didapatkan sebesar 0,96 dan 0,94 dengan kualifikansi validitas tinggi (3) tingkat kepraktisan media accordion book 95% oleh guru dan 97,64% oleh siswa dengan kualifikansi sangat baik (4) uji efektivitas dengan nilai signifikansi (2 tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,00 (< taraf signifikansi 5%). Hasil tersebut menunjukkan media ini layak, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya. Media ini mamapu menarik dan meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2024