Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 5 No. 3 (2024): September

Discovery Learning Berbantuan PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Materi Wujud Zat dan Perubahannya

I Kadek Hera Wirawan (Unknown)
Kadek Yudiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa materi wujud zat dan perubahannya akibat guru yang kurang menerapkan pembelajaran dan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Discovery Learning berbantuan PowerPoint Interaktif terhadap hasil belajar kelas IV SD materi wujud zat dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD berjumlah 280 siswa. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol, diperoleh dengan teknik random sampling melalui undian kelas. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen (83) lebih besar dari kelas kontrol (71). Hasil uji independent samples t-test dengan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) yaitu 0,000 yang menerangkan lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima. Dapat disimpulkan, Discovery Learning berbantuan PowerPoint Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD materi wujud zat dan perubahannya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pedoman dan acuan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar khususnya materi wujud zat dan perubahannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...