Kurangnya media pembelajaran membuat siswa merasa bosan dan malas selama pembelajaran. Hal ini jika dibiarkan akan berdampak pada hasil belajar siswa. Maka dari itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganaliis efektivitas media Pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Subjek analisis efektivitas yakni siswa kelas IV sebanyak 21 siswa. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni rating scale dan kuesioner dan tes pilihan ganda. Hasil uji validitas dan kepraktisan media mendapat kualifikasi sangat layak. Teknik analisis data yang digunakan yakni kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji-t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 5% yaitu memperoleh nilai sebesar 0,00. Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa penggunaan media Pop-up book berbantuan QR Code berbasis video animasi mampu meningkatkan hadil belajar siswa kelas IV. Implikasi penelitian ini yakni diharapkan dengan penelitian ini mampu menambah referensi atau bahan bacaan bagi siswa, serta guru dapat mengetahui cara membuat pop-up book dan video animasi.
Copyrights © 2024