Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 15, No 1 (2024): JANUARI 2024

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK Pada Pembelajaran Projek IPAS Berorientasi ESD dan Pendekatan STEAM

Muntamah, Muntamah (Unknown)
Roshayanti, Fenny (Unknown)
Hayat, Muhammad Syaipul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Learning loss akibat Covid 19 perlu pemulihan bertahap demikian juga keterampilan berpikir kritis siswa di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran  Proyek IPAS berorientasi ESD dengan pendekatan STEAM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Kuasi Eksperimen (Quasi Eksperimental Design). Desain yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes yang dikembangkan  berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Uji statistic yang dilakukan berupa uji-t dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji t didapatkan t-hitung > t-tabel ( 9,320 > 1,995) dengan signifikansi 0.00, sedangkan uji N-gain sebesar 73,75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran proyek IPAS berorientasi ESD dan pendekatan STEAM dengan  kriteria cukup efektif. Hasil penelitian ini berkontribusi dalam implementasi proyek IPAS berorientai ESD dan pendekatan STEM. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis khususnya siswa di SMK. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...