Tanda baca dalam memiliki peran krusial dalam memahami konteks, makna, dan nuansa ayat. Pentingnya memahami tanda baca disorot sebagai hal yang penting. Oleh karena itu, peningkatan pemahaman terhadap tanda baca diharapkan dapat memperdalam penghayatan dan interpretasi teks suci, memajukan kualitas ibadah, serta menguatkan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penelitian ini diharapkan untuk bisa meningkatkan pemahaman tanda baca melalui penerapan pembelajaran Gharib QR Code, pada TPQ Safinatul Huda sebagai studi kasus. Pembelajaran Gharib QR Code diintegrasikan sebagai strategi inovatif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman tanda baca . Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang efektivitas pembelajaran. Aplikasi pembelajaran yang dibuat berbasis website dengan pengembangan metode waterfall serta bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan JavaScript. Hasil akhirnya yaitu adanya sebuah media pembelajaran Gharib QR Code yang mencakup kontribusi pada metode pengajaran yang lebih efektif dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih kontekstual, dengan tujuan meningkatkan pemahaman tanda baca.
Copyrights © 2024