Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bukti empiris pengaruh orientasi pasar, diferensiasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing UMKM dimsum cikmel di masa pandemic covd-19 di mega regency. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan kategori purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kuantitas data/instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan software SPSS 25 sebagai alat untuk menganalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pada variabel diferensiasi produk dan harga terhadap variabel keunggulan bersaing, sedangkan variabel orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing sehingga hanya 2 variabel x yang berpengaruh terhadap keunggulan bersaing dan 1 variabel x tidak berpengaruh. Dalam penelitian ini penulis bersungguh-sungguh bahwa keseluruhan atas hasil karya ini adalah karya sendiri, adapun bagian-bagian penulisan penelitian ini mengutip dari hasil penelitian terdahulu kemudian dicantumkan sumbernya dengan jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan. Apabila di kemudian hari ditemukan kejanggalan pada penulisan penelitian ini, penulis bersedia menerima sanksi yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Copyrights © 2023