Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan publik pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Disdukcapil Kota Surabaya. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden dan melalui observasi, serta wawancara langsung dengan pihak terkait. Data pengukuran kepuasan masyarakat meliputi identitas responden dan layanan yang telah didapatkan dari masing-masing responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SKM (Survei Kepuasan Masyarakat) yang telah disusun oleh peraturan yang ada dan yang dipakai oleh Kantor Disdukcapil Kota Surabaya untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan SKPD Disdukcapil Kota Surabaya kepada para responden masih dikategori kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai SKM yang hanya sebesar 73,69 dengan bobot nilai C yang berarti kurang baik dalam kategori nilai presepsi SKM.
Copyrights © 2023