GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis
Vol 4 No 03 (2024): EKONOMI DAN BISNIS

PENGARUH PENGGUNAAN CONTENT MARKETING, VARIAN PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BITTERSWEET BY NAJLA DI PLATFORM TIKTOK

Susanti, Dila (Unknown)
Pratiwi, Ni Made Ida (Unknown)
Mulyati, Awin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Internet telah menjadi media yang tidak terpisahkan dari kehidupan modern, tidak hanya sebagai sumber informasi tetapi juga sebagai peluang bisnis yang signifikan. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan meningkatkan penjualan dengan biaya pemasaran yang lebih murah dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas. TikTok menjadi salah satu sosial media yang saat ini marak digandrungi oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya dengan mengunggah suatu foto atau video yang biasa disebut dengan content marketing. Dalam content marketing pelaku akan menjelaskan spesifikasi produknya seperti varian dan kualitas produk agar konsumen tahu dan tertarik untuk melakukan pembelian. Bisnis kuliner kini menjadi semakin diminati karena berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia, yaitu makan, terutama dengan munculnya tren kuliner yang unik dan menjadi gaya hidup masyarakat. Terdapat salah satu industri food and beverage yang turut aktif menggunakan TikTok sebagai media promosinya yaitu Bittersweet by Najla yang mendapat julukan pelopor dessert box no 1 di Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan content marketing, varian produk, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Bittersweet by Najla di platform TikTok. Dimana keputusan pembelian tidak terlepas dari bagaimana kualitas dan varian suatu produk yang dipasarkan oleh perusahaan melalui content marketing. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model explanatory research dan descriptive research. Dalam penelitian ini terdapat 100 responden dari pengguna platform TikTok. dengan rentang umur 15-45 tahun, pernah membeli dan mengkonsumsi produk Bittersweet by Najla yang diambil dengan teknik sampel secara purposive sampling dengan rumus Cochran. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan kuisioner setelah itu dilakukan pengujian. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing, varian produk, dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gemahripah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis e-ISSN 3021-8241 diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN, yang berkantor di Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Phone: WA: +62 813-5938-4011, Email: jurnalgemahripah@gmail.com. Sebagai media ...