GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis
Vol 4 No 03 (2024): EKONOMI DAN BISNIS

PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL (UMK) DI WISMA TROPODO

Aprilia, Diva Fauziyah (Unknown)
Maruta, Anom (Unknown)
Pujianto, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Peningkatan jumlah UMKM di Indonesia yang memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional namun menghadapi berbagai permasalahan baik internal maupun eksternal yang mengakibatkan pelaku usaha tidak dapat mencapai keberhasilan usaha. Permasalahan ini dapat dipengaruhi dari kurangnya pengetahuan kewirausahaan di antara para pelaku usaha dan kurangnya kreativitas dalam mengembangkan produk baru . Selain itu, persaingan yang ketat di lingkungan usaha dapat menimbulkan tekanan ekonomi dan mengurangi potensi keberhasilan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas dan Lingkungan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Wisma Tropodo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 95 orang pelaku usaha UMK di Wisma Tropodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas dan Lingkungan Usaha memberikan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Wisma Tropodo. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha UMK di Wisma Tropodo agar usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan baik dan menjadi masukkan yang bermanfaat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gemahripah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis e-ISSN 3021-8241 diterbitkan oleh Departemen Aksiologi, KELOMPOK KOMUNITAS LABORATORIUM PENELITIAN, yang berkantor di Jl. Nginden Intan Timur XV No. 11 Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, Phone: WA: +62 813-5938-4011, Email: jurnalgemahripah@gmail.com. Sebagai media ...