Journal of Islamic Digital Economics and Management
Vol. 1 No. 1 (2023): November

PENGARUH DAYA TARIK STREAMER DAN DAYA TARIK PRODUK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PENONTON LIVE TIKTOK PADA PRODUK FESYEN DENGAN MOTIVASI HEDONIS SERTA UTILITARIAN SEBAGAI VARIABEL PENGHUBUNG

Muhammad Rafi Eka Yudistira (Unknown)
Dika Jatnika (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Live shopping menjadi tren yang berkembang sangat pesat, hal ini dikarenakan live shopping memungkinkan penjual atau penyiar untuk menampilkan produk jualan mereka secara langsung dan pelanggan dapat mempelajari produk yang mereka inginkan secara lebih rinci dan langsung. Salah satu platform yang mendapat respon positif dari konsumen adalah live TikTok. Dalam Live TikTok sendiri, produk yang diminati dan laris adalah produk fesyen. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana peran daya tarik streamer sebagai stimulus atau rangsangan dalam lingkungan live streaming TikTok produk fesyen dapat merangsang keadaan emosional motivasi hedonis penonton melalui kredibilitas, fisik, interaksi dan seberapa menghiburnnya streamer tersebut dalam membawakan acara nya serta daya tarik produk sebagai stimulus atau rangsangan dalam lingkungan live streaming TikTok produk fesyen dapat merangsang keadaan emosional motivasi utilitarian penonton melalui komunikasi, kenyamanan berbelanja, serta dapat membangkitkan kepercayaan kepada penonton yang pada akhirnya merujuk minat pembelian individu tersebut menggunakan model S-O-R. Data yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 155 responden pengguna TikTok menggunakan platform google form. Data yang telah diperoleh pun di analisis dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Dengan model S-O-R, ditemukan bahwa hasil dari penelitian ini adalah daya tarik streamer berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi hedonis penonton live TikTok produk fesyen, daya tarik produk berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi utilitarian penonton live TikTok produk fesyen, motivasi hedonis serta utilitarian berpengaruh positif signifikan terhadap minat pembelian penonton live TikTok produk fesyen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bridging

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

BRIDGING: Journal of Islamic Digital Economics and Management adalah jurnal ilmiah yang bertujuan untuk menjadi jembatan antara dua domain yang krusial: ekonomi Islam dan pengelolaan ekonomi digital. Jurnal ini didedikasikan untuk mendalami isu-isu yang berkaitan dengan penerapan prinsip-prinsip ...