Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia
Vol. 4 No. 3 (2024): PERKUSI

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nusantara Card Semesta Cabang Kemanggisan Jakarta Barat

Fadillah, Muhammad Dendy (Unknown)
Fadillah, Fadillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT Nusantara Card Semesta Cabang Kemanggisan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan metode pengambilan sampel menggunakan teori slovin. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan persamaan regresi Y = 3,453 + 0,753 X1 + 0,087 X2. Koefisien determinasi berpengaruh secara simultan sebesar 94,2% yang menunjukkan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Uji hipotesis secara parsial diperoleh angka pelayanan thitung > t tabel atau (38,148 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y). Selain itu, harga t hitung > t tabel atau (9,040 > 1,985). Maka H0 ditolak dan H2 diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara harga (X2) terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (760,190 > 3,094). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) secara simultan terhadap kepuasan konsumen (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPER

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal PERKUSI adalah jurnal yang fokusnya dan lingkupnya mempublikasikan artikel ilmiah tentang Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia yang merupakan hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama) dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas) dari berbagai kalangan akademisi ...