Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media augmented reality terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Simo Kalangan Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dengan sampel terdiri dari kelas V-B sebagai kelas kontrol dan kelas V-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji statistik dengan bantuan SPSS versi 25 meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (Uji-T). Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada nilai rata-rata kelas kontrol mencapai nilai rata-rata 75,45 sementara kelas eksperimen nilai rata-rata 81,59, maka terdapat adanya perbedaan nilai yang signifikan antara kedua kelas Dari uji T didapatkan hasil nilai thitung 2,337 > nilai ttabel 1,685, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media augmented reality memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Al Hikmah Simo Kalangan Surabaya.
Copyrights © 2024