Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research
Vol. 2 No. 2 (2024): June

Pembelajaran Sastra Terintegrasi Pendidikan Gender

Ansori, Redhitya Wempi (Unknown)
Yulianto, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Peran institusi pendidikan untuk memahamkan perihal gender sangat fundamental, karena pendidikan merupakan jalan terang yang membawa manusia menjadi manusia seutuhnya. pendidikan sastra dalam konteks ini dianggap tepat untuk memperkenalkan konsep gender kepada peserta didik.  Penelitian ini menggunakan penelitian Kulitatif. Kajian ini menggunakan penelusuran berbagai pustaka yang ada. Pustaka tersebut berasal dari jurnal, dokumen, prosiding. Bagian yang menjadi fokus adalah pembelajaran sastra yang terintegrasi dengan pendidikan gender. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analsis data menggunakan reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi Keabsahan data menggunakan trriangulasi data. Pembelajaran sastra terintergrasi dengan pendidikan gender dapat diwujudkan dengan Kompetensi dasar, penggunaan media dan sumber ajar, dan metode pembelajaran. Sedangkan, output yang diharapkan adalah pemahaman kesetaraan gender, saling menghargai, sehingga tidak terjadi dominasi, memahami peran sesuai dengan tugas dan porsi kewajiban masing-masing, memiliki kesamaan akses, dan memliki hak berpartisipasi dalam bidang apapun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijim

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, ...