NAJAHA IQTISHOD : Journal of Islamic Economic and Finance
Vol. 5 No. 2 (2024): 2024

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Pelaku Usaha Kuliner dalam Menggunakan Sertifikasi Halal (Studi Kasus Rumah Makan di Kota Jambi)

Rudianto, Rudianto (Unknown)
Isnaeni, Nurida (Unknown)
Lubis, Paulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat pelaku usaha kuliner rumah makan dalam menggunakan sertifikasi halal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat pelaku usaha rumah makan di Kota Jambi dalam menggunakan sertifikasi halal terdiri dari faktor internal dan eksternal, antara lain; a. Faktor Internal meliputi faktor pengetahuan (rendahnya pengetahuan mengenai sertifikasi halal, keyakinan bahwa sebagai umat muslim pasti akan menjual makanan yang halal, pelaku usaha beranggapan bahwa sertifikasi halal hanya diperuntukkan bagi restoran terkenal dan produk kemasan, sertifikasi halal dianggap sebagai formalitas saja), dan faktor lokasiĀ  (lokasi usaha cukup strategis, pelaku usaha rumah makan masih menganggap bahwa sertifikasi halal tidak akan berpengaruh kepada omzet penjualan, lingkungan sekitar masih banyak yang belum menggunakan sertifikasi halal, konsumen tidak ada yang menanyakan sertifikat kehalalan rumah makan), b. Faktor Eksternal meliputi faktor pelayanan (kurangnya sosialisasi dari pihak Satgas Layanan Sertifikasi Halal Kemenag Provinsi Jambi kepada pelaku usaha rumah makan, (2) Faktor paling dominan yang mempengaruhi rendahnya minat pelaku usaha rumah makan dalam menggunakan sertifikasi halal adalah pengetahuan yang sangat rendah mengenai sertifikasi halal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIEF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Manajemen dan Bisnis Islam 2. Keuangan Islam 3. Akuntansi Syariah 4. Lembaga Keuangan Islam 5. Pasar Halal 6. Perilaku Ekonomi 7. Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Islam 8. Atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi ...