Seiring dengan perkembangan industri otomotif di Indonesia, menyebabkan semakin terbuka peluang bagi masyarakat untuk menciptakan suatu usaha, salah satu yang banyak dijumpai adalah kehadiran produsen kendaraan mobil untuk memenuhi segala kebutuhan dari konsumen dalam penjualan, perawatan maupun perbaikan kendaraan. Banyaknya merek mobil dan berkembangnya teknologi yang digunakan tentu saja akan memberikan tantangan bagi para produsen kendaraan mobil untuk dapat bersaing dalam memperebutkan konsumen, memberikan layanan produk terbaik agar konsumen merasa aman, nyaman dan juga dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumennya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan konsumen produk mobil Jepang dan China. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan menggunakan pendekatan Concurent Embedded. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 365 orang untuk mobil yang diproduksi oleh produsen Jepang dan 30 orang untuk mobil yang diproduksi oleh China. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuisioner, wawancara mendalam dengan responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu: Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian nilai CSI mobil merek buatan produsen Jepang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai CSI mobil merek buatan Cina. Adapun nilai CSI dari masing-masing negara asal adalah 219,5% dan 154,2% masing-masing
Copyrights © 2023