Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol 6 No 2 (2023): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pendidikan dalam Penguatan Profil Pancasila di Sekolah Melalui Perspektif Progresivisme

Kade Sukiastini, I Gusti Ayu Ngurah (Unknown)
Suastra, I Wayan (Unknown)
Atmaja, Ananta Wikrama Tungga (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan nilai-nilai masyarakat. Indonesia sebagai negara berlandaskan Pancasila memiliki tanggung jawab untuk mengintegrasikan nilai-nilai luhur tersebut melalui pendidikan. Salah satu pendekatan yang menarik adalah progresivisme, yang menekankan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Perspektif progresivisme menawarkan pendekatan yang memberdayakan siswa untuk mengembangkan kreativitas, pemikiran kritis, dan partisipasi aktif. Konsep ini sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, yang tidak hanya ingin menciptakan siswa yang cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat dan moralitas yang tinggi. Penelitian ini mengeksplorasi potensi penguatan profil Pancasila melalui perspektif progresivisme. Dalam penelitian ini, studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data dari buku, jurnal penelitian, berita, dan artikel online. Teknik pengumpulan data ini didokumentasikan dan dianalisis melalui metode analisis isi, yang digunakan untuk menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima dan dapat diteliti ulang sesuai konteksnya. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil langkah-langkah berikut. 1. Menyediakan peralatan, 2. Membuat bibliografi kerja, 3. Mengatur waktu, dan 4. Membaca dan membuat catatan penelitian. Hasil penelitian ini menyajikan pandangan holistik terhadap pendidikan dalam memperkuat profil Pancasila melalui perspektif progresivisme. Dengan memahami potensi dan tantangan, diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih adaptif dan sesuai dengan nilai-nilai keindonesiaan.. Kata kunci: Pendidikan, Profil Pancasila, Progresivisme

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...