Jurnal Basicedu
Vol. 3 No. 2 (2019)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM RANGKA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Wanelly, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam rangka menumbuhkan minat baca siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.Lokasi penelitian bertempat di SDN 63 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah,Guru, dan Peserta Didik.Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pelaksanaan program gerakan literasi sekolah di SDN 63 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung berada pada tahap pembiasaan. Upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan program gerakan literasi sekolah adalah: (1) menambah buku pengayaan, (2) mendekatkan buku ke peserta didik dengan cara membuat area baca dan lingkunganyang kaya akan teks, (3) melaksanakan berbagai bentuk kegiatan literasi, dan (4) melibatkan publik dalam pelaksanaan gerakan literasi. Adapun kendala yang dihadapi sekolah dalamp elaksanaan GLS adalalah: (1) rendahnya kesadaran guru, (2) buku pengayaan yang sesuai dengan kebutuhan anak sulit ditemukan, (3) guru malas membaca, (4) guru tidak memahami penerapan gerakan literasi, dan (5) sekolah kekurangan dana. Dengan demikian, implementasi program GLS di SDN 63 Surabayo Kecamatan Lubuk Basung perlu ditingkatkan ke tahap pengembangan dengan melibatkan berbagai pihak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...