Jurnal Basicedu
Vol. 3 No. 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK BAGI SISWA KELAS VI SD

Lisnani, Lisnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tematik siswa SD Kelas VI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakam tes. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terbukti bahwa model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas VI. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai rata-rata siswa di kelas VIA sebagai kelas eksperimen () sebesar 88,16 lebih besar daripada di kelas VIB sebagai kelas kontrol () sebesar 56,19. Sedangkan, nilai signifikansi t-hitung adalah 0,001 < 0,05 sehingga ditolak dan  diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran example non example terhadap hasil belajar tematik siswa kelas VI SD.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...