Jurnal Basicedu
Vol. 1 No. 1 (2017)

PENINGKATAN READING COMPREHENSION SISWA SD MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KAMUS BERGAMBAR BAHASA INGGRIS

Widiyarto, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2017

Abstract

Penguasaan reading comprehension sangat penting bagi siswa   Sekolah Dasar.  Anak mampu  membaca dengan baik. Namun tingkat penguasaan pemahaman bacaan(reading comprehension anak masih rendah dan guru masih menggunakan media yang kurang tepat, bahkan tidak mempergunakan media di kelas,sehingga siswa kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas pemakaian kamus bergambar dan pengaruhnya pada penggunaan kamus bergambar . Penelitian ini memakai rancangan eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding (The One Group Pratest Posttest). Subyek penelitian Siswa SD ,dengan sampel data sebanyak 25 siswa. Data diolah dengan  SPSS 22.  Hasil penelitian menunjukkan pada, Uji  Normalitas ,Homogenitas dan T Sampel Berpasangan dengan tingkat signifikan α =5%, Hasil uji normalitas didapat nilai Kolmogorof-Smirnov i Sig.0.200,dan Shapiro-Wilk 0.822 sehingga pada α = 5%= 0.05 < Sig.= 0,sampel data berasal dari distribusi normal. Pada Uji Homogenitas Varians Levene Nilai Sig. 0.896, pada tingkat signifikansi α = 5 % =0.05 < Sig.0.896 sehingga dapat dikatakan sampel data berasal dari varians yang Homogen, ,dapat disimpulkan pada tingkat kepercayaan 95%,rata-rata kemampuan kosa kata setelah perlakuan dengan memakai kamus bergambar (mean sebesar 66.98640 ) dibanding sebelum memakai media ( mean sebesar 63.7240 ), naik sebesar 3.26240. Dengan kata lain, pemakaian kamus bergambar berpengaruh signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Penelitian ini memberikan saran untuk mengatasi masalah yang ditemukan dalam penelitian

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...