Jurnal Basicedu
Vol. 3 No. 4 (2019)

Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

Ningsih, Sry Rahayu (Unknown)
Miaz, Yalvema (Unknown)
Zikri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Discovery Learning Tahun Ajaran 2018/2019 di SDN 09 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas III SDN 09 Payakumbuh dengan jumlah 20 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Data dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah : pada siklus I rata-rata aktivitas peserta didik hanya 75,00 % dan aktivitas guru 77,50 %. Pada siklus II rata-rata aktivitas peserta didik adalah 82,50% dan aktivitas guru adalah 87,50 % . Pada siklus III rata-rata aktivitas peserta didik adalah 95 ,00% dan aktivitas aguru adalah 95,00 %. Hasil belajar peserta didik terlihat dari rata-rata pada siklus I adalah 73,65 pada siklus II meningkat menjadi 79,40 dan pada siklus III lebih meningkat lagi menjadi 85,30. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik terpadu di SDN 09 Payakumbuh. Kata Kunci: model Discovery Learning, aktivitas belajar, dan hasil belajar. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...