Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 3 (2021)

Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar

Walimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru dan orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca permulaan, pengaruh komunikasi guru terhadap kemampuan membaca permulaan, dan pengaruh komunikasi orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan tiga variabel yaitu Komunikasi guru (X1), Komunikasi orang tua (X2), dan Kemampuan membaca permulaan (Y). Hasil penelitian menunjukan: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru dan komunikasi orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.000 < 0.05 dan Fh = 11.203. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi guru terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.097 < 0.05 dan th = 3.524. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi orang tua terhadap kemampuan membaca permulaan siswa Kelas 1 SDN Wilayah V Kecamatan Kalideres. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.028 < 0.05 dan th =2.224

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...