Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 4 (2021)

Kemunculan Aspek Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran RADEC dengan Menggunakan WhatsApp pada Materi Siklus Air

Sukmawati, Dian (Unknown)
Sopandi, Wahyu (Unknown)
Sujana, Atep (Unknown)
Muharam, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemunculan aspek karakter siswa pada setiap tahapan model pembelajaran RADEC. Aktivitas pembelajaran pada penelitian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan penelitian terdiri atas 35 orang siswa kelas V di salah satu sekolah dasar negeri di Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Subjek ditentukan secara purposeful sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap kemunculan aspek karakter, yang dilaksanakan selama rentang waktu pelaksanaan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian ini diperoleh hasil: Karakter yang muncul saat siswa mengikuti tahapan pembelajaran read adalah sikap religius, nasionalis, mandiri, dan integritas; Karakter yang muncul saat siswa mengikuti tahapan pembelajaran answer adalah sikap religius, mandiri, gotong-royong, dan integritas; Karakter yang muncul saat siswa mengikuti tahapan pembelajaran discuss dan explain adalah sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas; Karakter yang muncul saat siswa mengikuti tahapan pembelajaran create adalah sikap religius, nasionalis, mandiri, dan gotong-royong

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...