Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 4 (2021)

Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Siahaan, Theresia Monika (Unknown)
Sianipar, Herna Febrianty (Unknown)
Simamora, Rianita (Unknown)
Sijabat, Apriani (Unknown)
Sinaga, Christa Voni Roulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan pengembangan buku ajar teori bilangan berbasis kooperatif jigsaw dan respon mahasiswa terhadap buku ajar . Metode penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap: Preliminary research,prototyping or development, dan assessment. Populasi penelitian mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dengan jumlah 35 Orang. Data penelitian berupa kuesioner, angket validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Validasi buku ajar dilakukan oleh tiga validator dengan nilai 96,67%dikategorikan sangat baik.Respon mahasiswa sangat membantu dengan adanya buku ajar nilai 87,4% dan praktis digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...