Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Pengaruh Blended Learning terhadap Pamahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA Mahasiswa PGSD di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo

Dahry, Sundahry (Unknown)
Avana, Nurlev (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian kuasi eksperimen ini untuk mengetahui: (1) pengaruh keterampilan komunikasi mahasiswa/i yang diberi metode blended learning dengan mahasiswa yang diberi pembelajaran konvensional; (2) pengaruh keterampilan komunikasi dengan pemahaman konsep tinggi yang menggunakan metode blended learning dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (3) pengaruh keterampilan komunikasi dengan pemahaman konsep rendah yang menggunakan metode blended learning dibandingkan yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) interaksi antara metode pembelajaran dengan pemahaman konsep terhadap keterampilan komunikasi dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini mahasiswa/I semeseter genap (6) tahun ajaran 2020/2021 kelas A dan B. Jumlah sasaran sebanyak Kelas A 30 orang dan kelas B 30 orang. Jenis penelitian ini pretest-posttest nonequivalent group design. Teknik pengumpulan data : dengan lembar tes tertulis dan lembar observasi simulasi pengajaran. Hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) keterampilan komunikasi mahasiswa/i yang diberi metode blended learning lebih tinggi thitung = 1,910 > ttabel = 1,708; (2) Keterampilan komunikasi dengan pemahaman konsep tinggi menggunakan metode blended learning dan konvensional tidak ada perbedaan yang signifikan thitung = 1,87 < ttabel = 2,56; (3) Keterampilan komunikasi dengan pemahaman konsep rendah menggunakan metode blended learning lebih tinggi t hitung = 3,71 > t tabel = 2,56; (4) tidak terdapat interaksi antar metode pembelajaran dengan pemahaman konsep terhadap keterampilan komunikasi dalam pembelajaran IPA

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...