Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 5 (2021)

Pengaruh Aplikasi Youtube sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Sekolah Dasar

Hidayati, Nur Isnainy (Unknown)
Hidayat, Muhammad Thamrin (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Rahayu, Dewi Widiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2021

Abstract

Di dalam penelitian ini menggunakan salah satu jenis penelitian dengan desain quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan kelompok Nonequivalent control group design. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VA SDN Ngagel 1/394 Surabaya tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Acuan yang digunakan dalam instrumen penelitian ini ialah postest dan pretest yang berupa hasil belajar. Data postest dan pretest di analisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Hasil belajar materi ekosistem siswa sebelum menggunakan media aplikasi youtube di kelas V SDN Ngagel 1/394 Surabaya tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 62,8, hasil belajar materi ekosistem siswa sesudah digunakan media aplikasi youtube di kelas V SDN Ngagel 1/394 Surabaya tergolong tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa 91,8, ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media aplikasi youtube terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem pada kelas V SDN Ngagel 1/394 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...