Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 6 (2021)

Desain Pembelajaran Berbasis Mathematical Cognition Topik Mengenal Bilangan untuk Siswa Lamban Belajar di Sekolah Dasar

Yanti, Wita Tri (Unknown)
Fauzan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalaha yang ditemui pada awal penelitian. Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakan bahwa, Pembelajaran matematika di SD sangatlah peting terutama toping mengenal bilangan. Ditemukan adanya siswa SD yang dikategorikan lamban belajar kemampuan kepakaan bilangan masih rendah. Oleh sebab itu dirancanglah LIT berbasis Mathematical Cognition yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan developmental research approach dengan menggunakan Design research yang dikemukakan Gravemeijer & Cobb.subjek uji coba yaitu siswa lamban belajar di Sekolah Dasar 06/III Ambai Atas. Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan statistik deskritif. Hasil validi HLT menunjukkan LIT valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa didaktik dan penyajian yang sesuai dengan dengan prinsip yang terlihat dari segi kemudahan dalam penggunaan. Keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa lamban belajar dapat melakukan serangkaian aktivitas belajar LIT. LIT berdampak pada kemampuan kepekaan siswa terhadap bilangan. Hal ini terlihat dari kemampuan awal siswa sebelum diberikan intervensi setelah siswa mendapatkan intervensi terlihat adanya perubahan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...