Jurnal Basicedu
Vol. 5 No. 6 (2021)

Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik di Sekolah Dasar

Ilmi, Suci Annisa (Unknown)
Ratnawati, Ratnawati (Unknown)
Subhan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tematik masih di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, yaitu 75. Karena kurangnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dan sedikit minat untuk belajar. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental, dan tipe desain penelitiannya adalah One-group-pretest-posttest design. Alat penelitian menggunakan tabel tes dan observasi. Gunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis/uji t untuk menganalisis data. Pengukuran hasil belajar siswa didasarkan pada rata-rata hasil pre-test sebesar 62,63 dan rata-rata hasil post-test sebesar 75,26. Data yang diperoleh dengan uji t signifikan pada 0,000 dengan tingkat signifikansi 0,005. Hasil hitung sig <(0,000 < 0,005) menunjukkan bahwa uji-t tidak berada dalam kisaran H0 yang dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode pembelajaran STEM berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...