Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Content And Language Integrated Learning (CLIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD

Wahyuningsih, Putri Indah (Unknown)
Nuryatin, Agus (Unknown)
Pristiwati, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak pada semua bidang salah satunya bidang pendidikan, hal tersebut bermanfaat dalam pembuatan media pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan yakni menguji kevalidan serta kepraktisan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dengan Pendekatan Content And Language Integrated Learning (CLIL) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar materi Cerita Rakyat. Penelitian ini merupakan jenis Pengembangan (RnD) prosedur Sugiyono. Sampel yang digunakan yaitu 24 siswa kelas IV di SDN Mangunharjo. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan pengisian angket. Uji kevalidan dan keefektifan didapat dari ahli media, validator materi, respon guru dan dari siswa. Hasil dari validator materi rata–rata 3,5 presentase 70% kriteria “Valid”. Hasil validator media dengan rata–rata 4,3 presentase 87% kategori “Sangat Valid”. Hasil respon guru diperoleh skor presentase 89% dengan kategori“Sangat Praktis”. Adapun hasil respon dari siswa diperoleh presentase 77,2%  dengan kriteria “Sangat Praktis”. Hasil pretest adalah 15,17 dan nilai maksimum pretest yakni 17,71 dan nilai mean pretest adalah 64% sedangkan nilai minimum posttest sebesar 20,75 dan nilai maksimum posttest 21,46 dan mean dari posttest adalah 87% sehingga ada kenaikan nilai rata-rat pretest dan posttest sebenyak 26%. Kesimpulannya media pembelajaran interaktif dengan pendekatan CLIL mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa, ditunjukkan perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...