Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 2 (2022)

Pengaruh Model Pembelajaran Analogi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mapel Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Farida, Aniswatul (Unknown)
Kasiyun, Suharmono (Unknown)
Ghufron, Syamsul (Unknown)
Djazilan, Muhammad Syukron (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sebelum menggunakan model pembelajaran analogi, (2) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III A SD Miftahul Ulum Surabaya sesudah menggunakan model pembelajaran analogi, (3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran analogi terhadap keterampilan berpikir kritis Bahasa Indonesia siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes berupa tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t (t-test) yang menggunakan program computer SPSS versi 25 windows 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran analogi dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III A di SD Miftahul Ulum Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (10,688 > 2,074).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...