Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Oktaviyanti, Itsna (Unknown)
Amanatulah, Dara Aryanti (Unknown)
Nurhasanah, Nurhasanah (Unknown)
Novitasari, Setiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2022

Abstract

Banyak siswa SD kelas II yang belum lancar membaca teks sederhana,  kesulitan membedakan bentuk huruf dan sulit membaca huruf konsonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Quasi Experiment dan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent control grup. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode engumpulan data menggunakan   observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest pada kelas kontrol lebih rendah yakni 44,68 dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 68,65. Teknik analisis data menggunakan t-test sampel independen dengan taraf signifikan 5% dengan berbantuan SPSS versi 21,0. Nilai t-hitung 3,304 > t-tabel 1,681 yang artinya Ha diteriman dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan  Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...