Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 3 (2022)

Pengembangan Modul dalam PBL untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Khoirudin, Rifqi (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)
Sunarso, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Kevalidan, (2) Keefektifan, dan (3) Kepraktisan dari modul dalam problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPS dan motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi pendahuluan, studi pengembangan, dan evaluasi, serta menggunakan desain kelas eksperimen dan kontrol. Adapun hasil dari pengembangan modul dalam project based learning menunjukkan hasil bahwa (1) kevalidan dari modul yang dikembangkan berhasil memperoleh skor 4.60 dengan kategori sangat valid, (2) keefektifan modul dalam problem based learning memperoleh skor n-gain sebesar 0.71 dengan kategori sangat tinggi, ketuntasan klasikan kelas eksperimen dengan persentase sebesar 90%, serta hasil rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 51.33 dengan kategori sangat baik, dan (3) kepraktisan dari modul dalam problem based learning yang dikembangkan memperoleh skor dari respon siswa sebesar 4.11 dengan kategori sangat tinggi dan respon guru memperoleh skor sebesar 3.37 dengan kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa modul dalam problem based learning telah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar siswa maupun guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...