Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 3 (2022)

Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar

Sari, Via Putika (Unknown)
Sayekti, Ika Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Tahun 2021 dikeluarkan kebijakan program “Merdeka Belajar” untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu poin dalam program tersebut adalah pelaksanaan AKM kompetensi literasi yang baru diterapkan tahun 2021. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk melakukan evaluasi pelaksanaan AKM 2021 dan memperoleh informasi efektivitas  AKM literasi untuk mengukur kompetensi peserta didik. Penelitian dilakukan menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga prosedur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil reduksi data menunjukkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh sekolah dalam melaksanakan AKM belum maksimal. Hal ini mengakibatkan peserta didik merasa kesulitan dalam menjawab soal – soal yang dihadapi. Banyak yang mengungkapkan bahwa soal yang dihadapi tidak sesuai dengan materi yang diterima selama proses pembelajaran di kelas. Hasil AKM yang akan diterima oleh sekolah menjadi tolok ukur kompetensi yang dimiliki peserta didik. Selama dikeluarkannya kebijakan AKM hingga saat ini belum menunjukkan peningkatan kompetensi peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...