Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 3 (2022)

Analisis Soal Berbasis HOTS dalam Muatan Pelajaran PKn pada Buku Tematik Kelas IV Terbitan Kemendikbud

Maharani, Dila Putri (Unknown)
Marsudi, Saring (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan pemahaman guru mengenai HOTS, dan (2) mendeskripsikan muatan HOTS dalam soal PKn di buku siswa kelas IV tema 3, 4, 7, dan 8. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain analisis isi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa buku siswa kelas IV terbitan Kemendikbud tema 3, 4, 7, dan 8 memiliki latihan soal bernilai HOTS cukup baik. Pada tema 3 terdapat tipe soal PKn dengan indikator menganalisis sebesar 37%, tipe soal PKn dengan indikator mengevaluasi sebesar 30%, tipe soal PKn dengan indikator mencipta sebesar 30%, dan tipe soal yang tidak memuat ketiga indikator sebesar 3%; tema 4 terdapat dari tipe soal PKn dengan indikator menganalisis sebesar 48 %, tipe soal dengan indikator mengevaluasi sebesar 26%, dan tipe soal dengan indikator mencipta sebesar 26%; tema 7 terdapat tipe soal dengan indikator menganalisis sebesar 39 %, tipe soal PKn dengan indikator mengevaluasi sebesar 32%, dan tipe soal dengan indikator mencipta sebesar 29%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...