Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Upaya Guru dalam Memfasilitasi Siswa Berlatar Belakang Status Sosial Ekonomi (SSE) Rendah di Sekolah Dasar

Muharochma, Wahyu (Unknown)
Abduh, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam memfasilitasi siswa yang berlatar belakang sosial ekonomi (SSE) rendah di SDN 3 Tumang Cepogo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi kepada subjek-subjek terkait. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 3 Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Sedangkan pengambilan data penelitian mulai dilakukan pada bulan Februari tahun 2022. Desain penelitian yang akan disusun, yaitu: Pendahuluan (Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, dan Manfaat Penelitian), Kajian Pustaka (Kajian Teori), Penelitian, Hasil Penelitian, Kerangka Berfikir, Jenis Variabel, Hipotesis, Metode Penelitian, dan Hipotesis. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil dari penelitian ini mengenai upaya guru dalam memfasilitasi siswa belatar belakang SSE rendah berkaitan dengan pembelajaran, komunikasi, dan sarana prasarana di sekolah. Guru sebagai fasilitator di sekolah berperan penting dalam dalam memfasilitasi belajar siswa khususnya yang berlatar belakang SSE rendah guna memastikan bahwa mereka benar-benar dapat belajar di kelas dan juga merasa percaya diri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...