Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 4 (2022)

Upaya Guru dalam Meningkatkan Performa Akademik Siswa Berlatar Belakang Status Sosial Ekonomi Rendah di Sekolah Dasar

Rimadhani, Ariska (Unknown)
Abduh, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Status sosial ekonomi orang tua sangat berpengaruh dan memiliki peranan terhadap pendidikan siswa. Status sosial ekonomi orang tua menjadi penentu performa akademik siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatan performa akademik siswa berlatarbelakang status sosial ekonomi rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini yaitu 6 guru, dan 65 siswa.  Data dan sumber data yang dilakukan adalah informasi mengenai upaya guru dalam meningkatkan performa akademik siswa dengan status social ekonomi rendah yang didapat dari responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi tekhnik pengumulan data. Teknik analisis data dilakukan secara reduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah deskripsi upaya guru dalam meningkatkan performa akademik siswa berlatarbelakang status social ekonomi rendah. Perencanaan pembelajaran, penggunaan metode dan media pembelajaran menjadi beberapa upaya yang telah dilakukan guru dalam meningkatakan performa akademik siswa di SD Negeri Sempu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...