Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Dewantari, Juitama (Unknown)
Syarifuddin, Hendra (Unknown)
Asmar, Ali (Unknown)
Yerizon, Yerizon (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Perangkat pembelajaran yang digunakan selama ini belum dikaitkan dengan permasalahan kontekstual, selain itu hasil belajar peserta didik juga masih rendah. Hal ini disebabkan oleh sumber belajar yang masih bersifat umum dan belum dikaitkan dengan keseharian peserta didik. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak atau efektivitas perangkat pembelajaran matematika berbasis REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan materi bilangan bulat yang meliputi RPP dan LKPD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lengayang yang berjumlah 23 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan prototipe, dan tahap penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat praktis dan efektif. Dari hasil tes akhir nilai yang berada di atas KKM sebanyak 18 orang peserta didik. Berarti nilai peserta didik yang tuntas adalah 78,26 % dan yang tidak tuntas sebanyak 21,73 % dari peserta didik yang ikut ujian. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis REACT meningkat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...