Penelitian ini memfokuskan pada gerakan literasi melalui pemanfaatan buku bacaan bermutu untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa Kelas V SDN Sukalaksana 02. Gerakan literasi dilakukan dengan praktik membaca selama 15 menit sebelum dimulainya pelajaran dengan menggunakan berbagai jenis buku yang telah disiapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas V SDN Sukalaksana 02 sebanyak 27 siswa. Jenis penelitian yang dipergunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Pengaruh gerakan literasi terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas V SDN Sukalaksana 02 menggunakan analisis Uji-t (Paired sample T-Test). Pada uji-t (Paired sample T-Test) nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rerata antara hasil pre-test dan post-test. Dari hasil analisis, diperoleh bahwa program gerakan literasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas V SDN Sukalaksana 02. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa gerakan literasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa.
Copyrights © 2023