Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Peran Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa Kelas Rendah Melalui Pembelajaran IPA dengan Metode Eksplorasi Poster Rangka Tubuh Manusia

Hidayat, Mohammad Bahrul (Unknown)
Saefudin, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Tujuan studi ini untuk mengidentifikasi peran guru dalam pembelajaran IPA di SDN Bulak Baru bagi siswa kelas rendah sekolah dasar Tahun 2023. Penelitian ini dilakukan di SDN Bulak Baru terhitung mulai bulan Desember 2023 hingga Januari 2024. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi seberapa besar kemampuan peran guru dalam mengembangkan aspek psikomotorik pada saat proses pembelajaran pembelajaran IPA. Studi ini menggunakan Teknik kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil temuan temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan aspek psikomotorik pembelajaran IPA di kelas cukup maksimal karena untuk mendorong siswa aktif berfikir kritis, disamping itu siswa aktif menganalis gambar yang diberikan guru untuk dicermati oleh siswa. berdasarkan observasi menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan apek psikomotorik pembelajaran IPA kelas 3 mendapat penilaian yang tinggi , membuahkan hasil sangat positif. Selain itu aspek psikomotorik dengan metode eksplorasi dapat melatih siswa untuk berfikir analisis dan tentu juga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dianggap sebagai cara alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis dan menggambar terutama dalam aspek pemahaman siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...