Mutu dan efektifitas pendidikan merupakan permasalahan yang sangat komplek dan multi dimensional. Mutu pendidikan itu sendiri perlu ditingkatkan sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tentang nilai tempat puluhan dan satuan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas I SD N 007 Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini termasuk penelitian penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan pola tindakan kelas. Dilaksanakan dalam 2 siklus dalam rangkaian kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Semester II tahun pelajaran 2021/2022 di SD N 007 Rambah Hilir Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa siswa menunjukkan perolehan pada kondisi awal hanya 4 siswa atau 57,39%, naik menjadi 10 siswa atau 43,48% pada siklus pertama, dan 95,65% atau 22 siswa pada siklus kedua. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Copyrights © 2024